Cara Menghindari Facebook Kena Hack

by Sing Mbaurekso Gubug on May 12, 2010

hacking facebookWah, saat ini banyak ya yang terkena hack facebooknya. Bukan cumak saya saja ternyata yang tahun 2010 ini terkena facebook hack… Saya tahu dari kata kunci yang mencari referensi juga ada yang menanyakan “facebook kok bisa kena hack?” Saya jadi prihatin sama mas ngganteng dan mbak ayu yang facebooknya terkena hack seperti saya kapan lalu.

Hmm… Sekarang saya mau ngobrol soal tips agar Facebook tidak terkena hack, modus-modus hacking facebook, cara mereka menghack facebook. Namun saya tidak akan memberitahu cara menghack Facebook lo, lha wong saya ndak bisa. Saya cuman tahu caranya, namun tidak mau ribet saja. Kenapa sih pengen ngehack facebook orang lain? Pengen poker chips? Beli saja lah… :p

Begini mas ngganteng dan mbak ayu, apabila sampeyan pernah kena hack facebooknya, pasti mangkel sekali kan? Ya seperti yang telah saya tulis disini. Terus sebenarnya bagaimana sih modus hacking facebook tersebut? Oke, begini penjelasannya…

Biasanya orang yang menghack facebook kita tersebut mengetahui username dan password facebook kita langsung, atau satunya lagi hanya mengetahui username dan password email kita. (iki mesti lah). Tapi masalahnya, bagaimana mereka bisa tahu password facebook atau email kita??

Salah satunya adalah dari program keylogger. Yaitu suatu program yang terinstall pada komputer yang berfungsi untuk merekam apa saja yang telah kita ketik melalui keyboard. Jadi setiap huruf yang kita ketik, akan tampil di keylogger tersebut. Modus hacking facebook jenis ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang punya laptop dan meminjamkannya kepada teman-temannya untuk membuka facebook lewat laptopnya. Jadi hati-hati kalau meminjam laptop teman. Lebih baik sampeyan benar-benar akrab sama dia. Kalau ndak gitu, lebih baik tunda dulu login di facebook, mendingan login di laptop sendiri.

Keylogger biasanya juga dipasang pada warnet-warnet yang tidak bertanggung jawab. Biasanya penjaga warnet memang sengaja untuk menginstal di semua komputer untuk sekedar iseng sama (ehm) cewek cantik yang sering mampir di warnet itu. Atau mereka juga sengaja untuk menghack poker chips.

Keylogger ini juga bisa diinstall oleh orang luar warnet tersebut. Misalnya pagi mereka menginstall keylogger, lalu malamnya mereka ambil semua data pada komputer yang sama. Jadi hati-hati juga kalau menggunakan fasilitas warnet. Cek dahulu running program pada komputer itu, dengan cara membuka Task Manager yaitu menekan Ctrl+Alt+Del dan mencari program keylogger ada atau tidak. Kalau ada, mendingan ndak usah login facebook disitu. ;-)

Yang kedua adalah teman lama, mungkin juga mantan pacar yang tahu password email kita. Nah, yang ini biasanya bukan digunakan untuk hack poker chips, namun hanya merasa dendam saja. Biasanya kita acuh tak acuh sama email kita kan? Hal ini yang mereka manfaatkan.

Meskipun username facebook dan passwordnya berbeda sama email kita, namun kita bisa mereset ulang password facebook melalui fasilitas “lost password”. Password memang tidak dikirim ke email, hanya link untuk mereset password. Jadi kalau modusnya seperti ini, password korban hacking facebook otomatis berganti dengan sendirinya.

Yang ketiga adalah modus hacking chips poker facebook. Loh? Emang apa untungnya sih chips poker itu? Chips poker itu bisa dijual perrmirsa sekaliyan, jadi bagi yang belum tahu, sekarang saya beritahu kalau harga chips poker facebook itu sekitar Rp. 10.000,- per $ 1.000.000,- chips. Lumayan kan?

Orang yang terkena hack facebooknya gara-gara chips poker biasaya passwordnya tidak berganti, namun tiba-tiba chips terkuras habis. Bagaimana ini bisa terjadi? Ya ini adalah kelalaian dan nafsu setan korban saja.

Apabila sampeyan bernafsu menghack facebook orang lain biasanya kan mencari tahu caranya, namun tidak disertai dengan pengetahuan cukup soal modus-modus hacker. Biasanya orang yang bernafsu tersebut malah terkena hack, karena mereka mau menuruti tutorial yang diajarkan, padahal tutorial tersebut harus menginstal program-program spyware yang mampu men-detect username dan password sampeyan.

Modus lain yaitu menipu dengan mengirim email notifikasi facebook atau message facebook. Di dalam pesan tersebut terdapat link yang mengarah pada suatu situs yang mewajibkan sampeyan untuk login facebook. Pada kenyataannya ini bukan login facebook, namun suatu situs yang dibuat sedemikian rupa untuk menyerupai facebook. Sekali sampeyan login kesana, cepat-cepat ubah password sampeyan. Awas lo,.. heee

Tips-tips untuk menghindarinya memang gampang-gampang susah. Kita harus selalu berhati-hati dan teliti saja. Apabila asal klik, bisa-bisa akibatnya fatal. Jadi baca dahulu dengan teliti, apa itu yang akan kita klik. Ok? Sampai disini dulu tips-tips menghindari terkena hack  facebook dari Gubug Reyot. Yah semoga bermanfaat sedikit lah.. Hehehe…

{ 86 comments… read them below or add one }

Aris July 18, 2012 at 8:24 pm

Mas FB aq koq gk bisa ngoment ma like yoo???.. gmn nich apa itu kena hack?

Reply

Helmy. July 26, 2012 at 11:57 am

Wah, mantap neh bro. Kunjungi balik di helmykKEdiri69.blogsPot.coM

Reply

Leave a Comment

*

{ 4 trackbacks }

Previous post:

Next post: