Puisi untuk Pahlawan: PUSARA PAHLAWAN

by Sing Mbaurekso Gubug on August 17, 2010

Puisi untuk pahlawan ini khusus untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-65. Puisi pahlawan dengan judul “Pusara Pahlawan” ini ditulis oleh seseorang dengan nama Kakanda, terimakasih buat Kakanda telah bersusah payah mengirimkan puisi pahlawan untuk Gubug Reyot. Saya harap dengan dituliskannya puisi ini bisa menambah khasanah sastra Indonesia juga. ;-)

PUSARA  PAHLAWAN

(buah karya: Kakanda)

Tubuh-tubuh kaku terbujur sunyi

terpancang tonggak bisu tak bernama

tanah merah tanpa bertabur bunga

tapi rela pahlawan terbaring di pusara.

Ketika kejam peperangan merobek damai sepi

kau angkat senjata tanpa dipinta

melawan penindasan dan penjajahan

demi bumi pertiwi.

Ketika tangan tangan masih mampu mencekam mencengkeram

jantung berdetak hati berderak

kau pekikkan satu tekad:

MERDEKA.

Kau biarkan di sekujur tubuhmu

luka nganga bertaut sendiri

kau korbankan milikmu, hidupmu

gugur satu-satu.

Sebelum sempat kukalungkan bunga di lehermu

aku sematkan bintang jasa di dadamu

kau berlalu tanpa meminta balas jasa.

Pahlawanku,

ijinkan aku seka darah di luka tubuhmu

aku hapus debu di telanjang kakimu

sebagai rasa hormat dan terima kasihku.

Pahlawanku,

di atas pusaramu

kutaburkan wangi bunga-bunga

dan kuteteskan haru air mata.

Kendal, Agustus ‘76

Gubug Reyot tahu meskipun masih banyak penderitaan rakyat Indonesia setelah “merdeka” selama 65 tahun ini, namun marilah kita tetap optimis bahwa Indonesia ke depan bisa lebih maju dan bisa dipegang oleh pemerintahan yang memihak kepada rakyat, bukan pada perut masing-masing. Kalau para pemuda mau bertindak dan bertekad bulat seperti pahlawan yang lebih dahulu gugur, Insya Allah negara ini akan maju dan merdeka dalam arti yang sebenarnya.

{ 46 comments… read them below or add one }

kodokz August 17, 2010 at 8:34 am

pertamax…..horeeeeeee :lol:

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 21, 2010 at 9:48 am

ihiy, senenge rek mbak Dokz… :p

Reply

lylyane tawtaw February 8, 2011 at 8:45 pm

gk jebo loe ….

Reply

lylyane tawtaw February 8, 2011 at 8:45 pm

ahahhahahaha …

Reply

happy March 28, 2011 at 2:16 pm

masak sih.terima kasih dah buaaaaaatin aku puisi hebat banget

Reply

nazwa madina November 19, 2011 at 2:03 pm

makasiih buat yg bikin puisi ini berkat dia aku bisa tau bagaimana pahlawan kita berjuang…….

Reply

Eyangkung August 18, 2010 at 9:48 am

Benar!!

Apabila para kawula muda, generasi muda penerus bangsa ini sejak pagi berjanji: Kalau aku nanti sudah memiliki kekuasaan dan jabatan tidak akan seperti si Gayus dan temen2nya. Juga aku tak menggunakan kekuasaanku dan kekuatanku untuk menekan masyarakat yang seharusnya dilindungi!! Pasti tak lama lagi rakyat Indonesia tenang sejahtera…… MERDEKA!!
Puisi Pusara Pahlawan di atas kok tidak jelas batas-batas bait2nya. Apa memang sengaja dibikin satu bait saja, ya? Yang bermakna: mari bersatu untuk menuju kemajuan, keamanan dan kesejahteraan Bangsa??
Puisi ini cocoknya dibawakan oleh jenis wanita. Namun ada yang berpendapat, dideklamasikan laki-lakipun cocok juga. Karena laki-lakipun pantas meneteskan air matanya karena ungkapan terima kasih, rasa hormat dan haru kepada pahlawannya.

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 21, 2010 at 9:50 am

masalahnya yang namanya KORUPSI sudah berakar jauh ke dalam relung alam bawah sadar Eyang…. gimana mengatasinya ya? sudah 65 tahun merdeka, tapi praktik korupsi dimana-mana ada… :(

Reply

mr, kem August 18, 2010 at 11:57 am

siapakah yang kan membalas jasa2 para pahlawan itu??

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 21, 2010 at 9:51 am

SAYA!

Reply

Abdul Hakim August 18, 2010 at 3:42 pm

MERDEKA……………..

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 21, 2010 at 9:51 am

MERDEKA!!!! *sing manteb mas!* :p

Reply

ndop August 19, 2010 at 6:37 am

jadi ingat ge tiga puluh es pe ka i…

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 21, 2010 at 9:52 am

iyo mas, dengan alunan lagu GUGUR BUNGA sebagai backgroundnya.. :)

Reply

oshin November 8, 2010 at 6:16 pm

wah bagus yaa .aku aja bacanya sampe menghayati banget ,,,sankking bagusnya…..,,,:) hihihi

Reply

Sing Mbaurekso Gubug November 12, 2010 at 8:26 am

makasih Oshin.. :D

Reply

wong jowo November 18, 2010 at 7:21 pm

ayo arek arek suroboyo sing dodol sayur seng dodol buah buahan ………..mati opo merdeka yg penting urip ……..pahlawan tanpa jasa

Reply

rio February 23, 2011 at 10:15 am

:lol: :lol: :lol: :lol::lol::lol:

Reply

nia wulandari November 19, 2010 at 4:14 pm

MERDEKA
jagalah negara yang sudah merdeka ini………

Reply

Eddy November 23, 2010 at 8:20 pm

Pahlawan sekarang banyak yang kesiangan ya masss….apa malamnya sering lembur ya…hehehe…..

Reply

leni November 24, 2010 at 5:33 pm

merdeka……………………….?????????????????????????????

Reply

Sing Mbaurekso Gubug November 26, 2010 at 8:01 pm

atau MATI!!!

Reply

mega utina January 10, 2011 at 1:16 pm

merdekaaaa!!!!
indonesia khu .,..,.

Reply

mega utina January 10, 2011 at 1:17 pm

merdeka!!!!!!!!!!!!!!!!

Reply

hopilah January 30, 2011 at 6:11 pm

merdeka

Reply

aulia putri ginasih February 4, 2011 at 1:47 pm

aku sedih karenamu pahlawanku :’(

Reply

rio February 23, 2011 at 10:20 am

:lol: :D ;-) :( ksihan pahlawan kta hmmmmmm

Reply

rio February 23, 2011 at 10:30 am

hahahaha skarang sudah merdeka……………..! :lol:

Reply

ficki March 23, 2011 at 6:55 pm

merdeka ……………………………

Reply

Alit Ananda March 24, 2011 at 7:56 pm

MERDEKA atau MATI

Reply

Alit Ananda March 24, 2011 at 7:56 pm
Edoz March 29, 2011 at 8:45 am

Sipt Gan,,,, :D

Reply

dhell May 24, 2011 at 10:50 pm

keren gan puisinya …?
w suka ,,,?

Reply

nafizha September 18, 2011 at 6:47 pm

kepanjangan….

Reply

farhanisa October 26, 2011 at 4:00 pm

bagus puisinya,,
i like it..

Reply

Nabilla Ayou November 4, 2011 at 6:39 pm

Wow, is good poem. Smart Man…

MERDEKA!

Reply

udin November 9, 2011 at 2:41 pm

brow mnt izin q bacakan puisi km..

Reply

red November 14, 2011 at 8:53 pm

hahhahahhahhahahhahhah

Reply

hani December 7, 2011 at 6:56 pm

wkwkwkwk

Reply

fanny December 7, 2011 at 6:57 pm

lucu lucu lucu

Reply

sherly December 7, 2011 at 7:47 pm

bagus puisi nya

Reply

Vercent January 25, 2012 at 6:01 pm

Wee keren banged puisinya lumayan buatdiambil di tubas bi hahaha thanks

Reply

apdila nursanti March 31, 2012 at 12:13 pm

majulah indonesiaku

Reply

Myeta sari May 6, 2012 at 8:19 pm

panjang buangettttttttttt, tp it’s gooood.. :D

Reply

juanda moretto October 15, 2012 at 6:23 am

makasi y bro puisiny
berkat ni tugas ku mendapat nilai yg bagus

Reply

iren November 8, 2012 at 7:14 pm

ke panjangen tapi bagus

Reply

Leave a Comment

*

Previous post:

Next post: