Mengenal Rahasia Cinta

by Sing Mbaurekso Gubug on August 25, 2010

mengenal cintaCinta memang terdengar indah, seringkali diibaratkan madu, bunga, hati yang berwarna pink, bibir yang sexy, atau hal indah lainnya. Bila berbicara tentang cinta, sangat mungkin dihubungkan dengan kekasih, pacaran, pernikahan, dan terkadang nafsu. Apakah cinta hanya sesempit itu? Bukankan rasa sayang terhadap anak cucu juga merupakan cinta? Kesukaan terhadap Mimi si kucing peliharaan juga bisa disebut cinta? Cinta pada pemimpin, cinta pada Sang Pencipta, dan masih banyak lagi cinta pada hal lain. Memang susah mendeskripsikan cinta, namun yang aku tahu, walaupun cinta bersifat abstrak, cinta itu nyata.

Ada lagi satu perubahan sifat cinta pada anak muda. Cinta adalah rahasia batin. Kalau ini jelas tentang cinta kepada seseorang yang disukai namun tak berani mengungkapkannya. Cinta seperti inilah yang sangat indah, hati bisa berbunga, bisa juga disebut mabuk cinta. Aneh memang membahasakannya, hati kok bisa berbunga? Gimana bunga hati itu? Nah, banyak pertanyaan yang nggak penting bersambung dan bersambung lagi tanpa ada akhir, padahal ini hanya cinta pada satu aspek. Belum cinta ini, itu, dan berbagai macam tipe cinta-cinta yang lain.

Kembali lagi cinta adalah rahasia. Disini aku bilang kalau cinta menjadi sangat indah, karena saat inilah aku merasa bahwa cinta itu tak ada batas. Meskipun ada dalam hati, namun terasa sangat nyata. Tak kupungkiri, kadang aku bisa bersedih juga karena desakan hati kecil ini yang tak berani mengungkapkan cinta. Tapi kalau aku ungkapkan sekarang cinta ini, nanti sudah tak menjadi rahasia lagi. Kenikmatan, keindahan cinta ini akan hilang. Tak ada lagi hati berdebar, tak ada lagi senyum rahasia, tak ada lagi dada yang terasa dipeluk seseorang meskipun tak ada yang memeluk, tak ada lagi bayangan orang yang dicinta. Yang ada hanyalah hal nyata, diketahui semua orang, tak indah lagi.

Apabila cinta ini kuungkapkan, ada dua kemungkinan. Cinta ditolak dan cintaku diterima. Semuanya sangat indah dan sangat pahit. Namun semuanya hanya awalannya saja. Tak seindah saat cinta itu masih rahasia. Katakan aku sudah mengungkapkan cinta dengan cara terbaik dan teromantis di dunia. Aku diterima dengan pandangan mata tulus darinya. Cinta yang rahasia kini telah diketahuinya, aku pun tahu bagaimana perasaan cintanya kepadaku. Siapa orang di dunia yang tak senang dengan masa-masa ini?? AKU!! Ya, aku tak senang dengan perasaan ini. Perasaan senang ini sangat sementara. Hanya bertahan satu menit, satu hari, satu minggu, atau paling lama hingga mati… Tak ada perasaan dag dig dug lagi. Tak ada perasaan indah saat melihatnya berjalan di depanku, saat aku malu-malu meliriknya, saat aku merasa terbang dan dipeluknya. Perasaan itu sudah mati, hilang ditelan dengan kejujuran cinta yang menyakitkan.

Kedua, katakanlah aku sudah mengungkapkan cinta dengan cara terbaikku, namun aku belum beruntung dan ditolaknya mentah-mentah lantaran aku memang golongan manusia yang bukan dalam strata atau kelasnya. Aku kira dia juga menyimpan perasaan yang sama denganku, selama ini dia baik kepadaku, namun ternyata itu bukanlah cinta, dia hanya memanfaatkan sesuatu dariku. Ingin aku mengatainya, menjelekkannya,, namun itu haknya menolakku. Perasaan ini sangat sakit. Namun bagi yang benar-benar tahu cara merasakannya, perasaan inilah hal terindah dalam hidup. Sakit hati membuat hati sesak, bukan sesak karena merasa dipeluk, namun seperti akan pecah dan keluar semua isinya. Tenang saja, perasaan ini juga tak akan bertahan lama. Pertama memang menyakitkan, namun akhirnya aku sadar sendiri, kalau ini menyenangkan. Karena aku tahu berbagai kekuranganku dari sini. Kekurangan yang selama ini belum aku sadari, kekurangan yang paling dasar dalam hidupku. Esoknya aku langsung bangkit dan memendam cinta seperti biasanya, merahasiakan kecintaanku kepadanya, kepadanya, dan kepadanya. Sungguh nikmat rasanya.

Cinta adalah rahasia, rahasia cinta, cinta rahasia, ketiga itu pasti berbeda artinya. Tapi tak apalah, meskipun berbeda, sama-sama nikmat rasanya.

{ 23 comments… read them below or add one }

tomi August 25, 2010 at 11:08 am

PERTAMAXXX kah mas??

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 31, 2010 at 4:50 pm

heeh mas, wkwkwk
SELAMAT GAN!!

Reply

hanifa August 25, 2010 at 12:50 pm

Cinta itu pengabdian yang tulus… karena kita harus memberi tanpa mengharap kembali, harus setia, dan mungkin juga membutuhkan pengorbanan…

~ hari ini hari jadian saya… :dasar anak muda ~ ^_^v

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 31, 2010 at 4:50 pm

Ihiiy, aku aja baru putus, wah wah.. ndak bisa jadian dong kita? :p

Reply

kodokz August 25, 2010 at 4:29 pm

hmmmm…
cinta… cinta.. cinta :D

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 31, 2010 at 4:50 pm

nah, ini yang gila cinta…

Reply

Eyangkung August 27, 2010 at 5:52 am

CINTA,

Membaca artikel CINTA ini kayaknya penulisnya sedang atau pernah bermasalah dengan apa disebut cinta? Orang tentu akan punya wawasan yang lain setelah merenung apa itu artinya KASIH! Antara CINTA dan KASIH itu sama tetapi berbeda. Berbeda tetapi sama
Lho, kok?? Iya. Kalau mau tahu arti CINTA dan KASIH baca di blog semesem.com
Saat yang tepat nanti akan diposting di sana.
Eyangkung pernah SEKALI putus cinta pada waktu muda. Rasanya sakiiiit sekali. Tetapi tidak adilnya eyangkung BANYAK KALI membuat cewek-cewek putus cinta. Ha, ha, haaaa. Haiyaaaaaa

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 31, 2010 at 4:52 pm

ini ni, Eyang kualat lo bikin hati wanita sakit! hayo cepet minta maaf! ahahahy…
iya eyang, lagi ada sedikit masalah tentang cinta, ga pernah posting tentang cinta, sekali posting ancur.. :p

Reply

Eyangkung September 3, 2010 at 1:03 pm

Seperti kata eyang dulu: cinta itu ibarat olah raga. ngapa takut????
olah raga cukup jangan over, nanti malah tidak sehat. Badan sedang tidak enak? Istirahat dulu. Sudah enakan badan, olah raga lagi. Sakit lagi? Ya istirahat lagi. Sehat, olah raga lagi begitu seterusnya. Enak ‘kan?? Makanya cinta dicari dimana-mana……

Reply

Sing Mbaurekso Gubug September 4, 2010 at 9:08 pm

Menarik sekali Eyang komentar ini, hahay… Baikk!! Akan saya praktekkan!! Yosh!!! >.<

Reply

Eyangkung September 3, 2010 at 1:10 pm

Ini karena dampak ilmu “Jurus HAMKA” dan “jurus Kucing” , cuk.
Masih banyak cinta. Di sini ancur, tapi di sana…….membau….eh, salah. Membuai!!!

Reply

Sing Mbaurekso Gubug September 4, 2010 at 9:09 pm

Hayooo, Eyang dulu katanya mau kirim gimana jurus Hamka dan Jurus kucing itu dalam bentuk artikel?? saya tagih ini! :p

Reply

Eyangkung September 12, 2010 at 9:54 pm

Sabar, cuk.

Nanti setelah orang saling bermaaf-maafan di hari yang fitri tentu. Tentu akan muncul posting artikel itu. Cocoknya memang di Gubug Reyot. Kalau diposting di semesem.com nanti paman guru saya ‘duka yayah sinipi’ (ini bukan istilah Jepang). Rumus primbon kakek saya: neptu dengan habis 4 akan ketemu angka 1 s/d 4. masing-masing “kliyeg-mentheg-joto-kemil” Kurang Jelas? Baca saja artikel Primbon kakekku di semesem.com Mau coba?? Yang sudah coba melaporkan hasilnya………ancur, ha, ha, haaaaaaa

SELAMAT IEDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR BATIN.
Setiap apa yang kamu ingini mohonlah kepada Allah, kemudian BERIHTIYARLAH!!!

alief October 29, 2010 at 8:13 pm

weiiit,boleh juga gw praktekin,thank’s wat sarannya yg dah gw baca!

Reply

Pangeran Salju August 29, 2010 at 1:10 pm

bicara tentang cinta, katakan cinta, kunjungi

hxxp://pangeransalju.com/love.html

kalo suka di publish ya mas…
ada dua kok, yang love2.html juga ada…
^^

Reply

Sing Mbaurekso Gubug August 31, 2010 at 4:53 pm

qiqii… aku sakjane malu mas posting cinta-cintaan… aku orang yang paling ndak bisa bercinta… :p sik tak cek nanti saja… :)

Reply

«((¯`¤ RáÐhìt? ¤´¯))» September 1, 2010 at 9:25 pm

kayaknya perlu revisi judul post nih, menjadi ~> “Cintaku di gubug Reyot”

Mengutip bagian ini ~> “Cinta adalah rahasia batin” kendati rahasia batin, cinta bukan salah satu jurusan dari ilmu kebatinan.

Cukup batin saja yang bercinta, jangan sampai fisik ato badan ikut2an kalo belum halal.

wkwkwkwwk…. nice post sob…. penuh dengan kata2 cinta…..

Reply

Eyangkung September 3, 2010 at 12:57 pm

Eyangkung setuju banget RaDhit: “Cintaku di gubug reyot” jangan:”Cinta reyot di gubugku” Kalau “Cinta reyot digubug reyot” gimana???

Reply

Sing Mbaurekso Gubug September 4, 2010 at 9:04 pm

Hahaha, bisa aja mas Radhit. Aku emang cinta Gubug Reyot, tapi cita-citaku bercinta di Villa mewah suatu saat nanti dan memilikinya. hahahay… *mimpi boleh kan mas?* :)
Kalo aku belom pernah belajar ilmu begituan mas, jadi belo tahu juga ada jurusan cinta apa ndak. wkwkk

Reply

dyah christie October 22, 2010 at 7:27 pm

Cinta….emang bisa bikin gila!
hal yg amat sangat menyiksa adalah disaat kita tidak bisa memiliki orang yg kita cintai….
karena cinta ga harus memiliki…..dan di miliki .
“curhat dikit ga pho-pho yo…..:)”

Reply

candra kirana February 23, 2012 at 8:43 pm

Bagus ya…. :D

Reply

rosiah June 20, 2012 at 1:40 pm

cinta penuh dilema hati

Reply

fery nugraha August 1, 2012 at 12:08 am

cinta itu sulit untuk di mengerti gan….!

Reply

Leave a Comment

*

{ 1 trackback }

Previous post:

Next post: