Blog untuk Melestarikan Bahasa Jawa Telah Lahir!

Akhirnya setelah “hiatus” alias “mampet” alias ndak update blog sama sekali, hari ini bisa nulis juga. Beginilah kegiatan orang paling malas *atau sombong?* di dunia! Akhir-akhir ini aku menekuni hobby dan passion baru, yaitu puisi kode *halah*. Karena cita-cita dan passion yang terpendam sudah ketemu, saatnya mendalaminya kan? 🙂 Oh iya, mulai sekarang aku nulis dengan bahasa sehari-hari aja. Ndak pake “saya”, tapi “aku”. Biar lebih sepadan, ndak ada unggah ungguh boso. Hahay, maaf kalau ada yang tersinggung ya?

Oh iya, balik ke puisi kode. Maksudku disini adalah mempelajari kode-kode html, php, dan css. Maklum bagiku ini sangat menyenangkan dan bikin lupa sama waktu. Masih inget pesan Eyang, kalau bekerja jangan sampai lupa menjaga kesehatan, pola makan dan tidur. Wah, kalau pas mempelajari kode CSS memang lupa segalanya.. Maafkan diriku yang tak mengingat pesanmu Eyang.. hi hi… Dari pembelajaran itu, lahirlah blog baru. Blog itu bakal membahas pelestarian bahasa Jawa, budaya Jawa, musik, wejangan hidup, dan lain sebagainya. Hayo siapa empu blog itu? Bisa tebak??

Ya, empunya siapa lagi kalau bukan Eyangkung. 🙂 Beliau sudah sering berkunjung di Gubug Reyot. Beliau setia menemani saya di Gubug ini, dengan komentar-komentar yang bisa dijadikan postingan, beliau telah memberi banyak inspirasi dalam tulisan-tulisanku. Apa alamat blog tentang bahasa dan budaya Jawa itu? Alamatnya adalah semesem.com. Nama domain yang unik, sebenarnya harusnya pakai dot org atau dot net, tapi biar lebih mudah diingat, pakai dot com saja. He he…

Blog ini masih sangat baru, Eyang pun juga belum terbiasa tentang cara posting di blog WordPress. Ya maklum lah, Eyang kan sampun sepuh, perlu belajar dengan usaha lebih. Tidak seperti aku dan teman-teman blogger lainnya yang mayoritas pemuda-pemudi. 🙂 Tapi meskipun begitu, tetap semangat Eyang!! Saya sudah menghubungi teman saya yang kuliah di Jurusan Bahasa Jawa UNESA. Semoga dia mau membantu Eyang dalam melestarikan budaya dan bahasa Jawa. Tentu saja saya juga akan terus membantu Eyang! 😉 Semesem.com semoga lekas merajai jajaran blog Indonesia! 😀

Ok, sampai disini dulu postingan hari ini. Aku tak blogwalking dulu. See u in ur blog! 😉

Author: Sing Mbaurekso Gubug

Seorang blogger. Suka makan tiwul kalau di Trenggalek. Jarang makan, semoga suatu saat mendapat jodoh seseorang yang suka memperhatikan dan pinter masak... Amiin... Hmm.. tuit tuitan yuk, saling follow!! >> @subebeck

24 thoughts on “Blog untuk Melestarikan Bahasa Jawa Telah Lahir!”

  1. Terima kasih atas sambutan Anda semua. Eyang memang sejak semula sudah yakin blogger komunitas muda-mudi ini yang sering nongkrong di Gubug Reyot ini memang figur yang penuh kreativitas dan dedikasi, yang masih memegang idealisme.
    Ini adalah potensi dan modal besar untuk membangun bangsa dan negara kita yang bersih dari Gayus-Gayus berperut buncit dan tambun.
    Eyang tidak berkecil hati sekalipun sekarang belum lancar posting di blog wordpress, karena tentu akan dibantu cucu-cunya yang rajin dan peduli. Blog semesem.com tidak hanya untuk pembahasan seputaran budaya dan sastra Jawa, namun juga bidang-bidang kehidupan yang dibutuhkan orang banyak.
    Selamat datang di semesem.com. Terima kasih atas perhatian dan ulur tangannya. Salam kenal dari kang Gareng yang selalu menemani Eyangkung. Saatnya nanti kita adakan pesta ala dunia maya. Haiyaaa……..
    Salam persaudaraan blogger.
    Eyangkung lansia tapi masih merasa muda. Lho???!!!

  2. salam daripada saya mas, terima kasih atas pemberitahuannya. mungkin juga ini kesempatan buat kami yang ga bisa berbicara bahasa Jawa mempelajari sesuatu disana. sampaikan salam saya buat Eyang, terus menulis untuk ketamadunan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *