Tempat-tempat Ngumpul Arek Suroboyo

by Sing Mbaurekso Gubug on November 21, 2010

Ups, iseng nulis yang beginian di Gubug. Oh, endak seh.. Ini bukan iseng! Ini ada tugas kampus suruh cari tempat-tempat ngumpulnya para pemuda Surabaya. Oh, endak lagi seh, yang bener ini ada tugas dari adik angkatan kuliah suruh cari informasi tempat kumpul arek-arek Suroboyo (di Surabaya tentunya), biar nanti kalau ada ada teman-teman kampus lain yang pengen mampir ke Surabaya ndak bingung mencari informasi terupdate. *halah

Ok, selesai dulu becandaannya. Sekarang masuk ke sesi terserius dalam sejarah Gubug Reyot.. Berikut sub judul (biar cepet diindeks mbah Gugel, pake H3 aja):

Tempat ngumpul pemuda Surabaya

Sebenernya aku juga ndak tau persis tempat ngumpul arek-arek Suroboyo. Soalnya kan tiap arek (baca: pemuda) Suroboyo kan hobinya juga berbeda-beda. Ada yang suka jalan-jalan, mejeng, ada juga yang sukanya cuma di kost, pacaran sama laptop saja, ada juga yang fifti fifti, alias suka jalan-jalan muter Surabaya, kadang juga suka pacaran sama si Lapy/Kompy tercinta di Gubug (ini kategori penulis *curhat*).

Nah, yang suka jalan-jalan itu masih dibagi-bagi lagi ini ceritanya. Ada yang suka jalan-jalan ke Mall, ada yang suka ke taman-taman, ada juga yang sukanya nyepi *bukan hari raya umat Hindu, baca: mojok/pacaran*, ada juga yang suka nonton acara-acara (baca: music concert, event, etc). Disini aku tulis saja yang kategori taman saja ya kayaknya, soalnya penulis ndak suka jalan-jalan ke Mall.. AC Mall bikin kulit kering dan pecah-pecah *halah*. Oke lah, langsung saja menuju ke tempat-tempatnya ya… Yuk mari dicek sama-sama.. Kalo ada yang kurang, monggo ditambahi sendiri (pasti ada yang kurang, soalnya penulis bukan manusia aseli Surabaya).

Taman Bungkul

Wuih, Taman Bungkul menempati urutan pertama ini.. Bagaimana tidak, siapa yang ndak ngerti taman ini? Kalo bertanya sama arek Suroboyo aseli, pasti tau lah yang namanya Taman Bungkul ini. Sempat saya nulis curhatan saya soal Taman Bungkul ini. Kesan penulis tentang Taman ini:

DOOHH, kuburan opo tempat pacaran iki??? Es We Te cak…

Nah, bisa dibayangkan kalau kamu jalan-jalan ke Taman Bungkul Surabaya ini, kamu akan terjebak oleh lautan cinta anak muda Surabaya. Lho kok bisa? Ya iya lah, coba kesana diantara jam 7 malam hingga 10 malam (apalagi malem minggu). Setiap 1 meter ada orang yang sedang bercinta *halah*. Tapi saat kesana siang hari, taman ini asri kok. Enak udaranya, soalnya banyak pohon besar mengitari taman ini. Taman Bungkul juga ramai saat minggu pagi. Digunakan untuk kopdar banyak komunitas, termasuk komunitas Blogger, sepeda pancal, chatter, dan lain sebagainya. Ini foto yang menggambarkan Taman Bungkul Surabaya:

taman bungkul surabaya

Taman Bungkul pada siang hari, sepi, asri kan? :p

Sumber foto: http://osakakandara.blogspot.com/

Lokasi Taman Bungkul Surabaya

Lokasi taman bungkul ini ada di Jalan Raya Darmo. Dekatnya Kebun Binatang Surabaya, itu tu yang ada patung ikan Suro dan Buaya, lambang kota Surabaya.

Taman Pelangi, a.k.a Taman Dolog

Sepertinya taman ini baru dipugar (kayak candi aja dipugar). Hmm, memang bener, dulu taman di Jl. A. Yani ini hanya sebatas gundukan tanah banyak rumputnya, terus di bagian Barat terdapat banyak gundukan sampah. Dulunya lagi, ini bekas SPBU.. Baru saat akhir tahun 2009 yang lalu (kalau ingatan penulis ndak lagi puyeng) taman ini dibuat menjadi jauh lebih mantaf. :)

Aku baru sekali ke taman ini, berbeda dengan Taman Bungkul, taman ini ndak ada kuburannya. Taman ini juga ndak sepadat Taman Bungkul. Tapi sama saja, taman Pelangi juga tempatnya anak-anak Surabaya memadu kasih.. Jadi yang masih jomblo, monggo daftar sini sama si penulis, daripada disana ndomblong plus ngiler. Hahay… (girl only lo ya)

Kesana, tapi ndak sempat poto2, walhasil nyari di Gugel ketemu foto taman Pelangi  nan cantik ini:

taman pelangi surabaya

Taman pelangi malam hari. Indah bukan?

Sumber foto: http://mitzlicious.blogspot.com/2010/01/taman-pelangi.html

Saran: Kalau ke taman pelangi, sebaiknya di malam hari. Soalnya ketahuan warna warni lampunya, kalo siang cuman putih aja itu warnanya.. Terus kelebihannya dari taman Bungkul, disini jauh lebih bersih, pedagang asongan dan pengamen juga sedikit. :)

Masjid Agung Surabaya

Sebuah masjid besar dengan kubah berwarna hijau ini berdiri megah disamping jalan tol Surabaya Gempol, tepatnya di di Jl. Raya Pagesangan. Masjid yang fungsi utamanya sebagai tempat ibadah umat muslim, namun karena keindahan tempat sekitarnya dan luas arealnya, berubah fungsi menjadi tempat nongkrong arek-arek Suroboyo.

foto masjid agung surabaya

Masjid Agung Surabaya dilihat dari atas.

Sumber foto: http://foto.detik.com

Kalau ke Masjid Agung di malam hari, akan banyak dijumpai pemuda-pemudi Surabaya nongkrong disana. Banyak juga penjual makanan dan minuman di sekitar Masjid Agung, jadi bisa memanjakan pengunjungnya. Saat aku kesana dulu di pagi hari, biasanya banyak orang berolahraga, jogging mengitari masjid pada pagi hari. :)

Cak Durasim (Taman Budaya Surabaya)

Cak Durasim atau sering disingkat CakDur oleh arek-arek Suroboyo ini terletak di Jalan Genteng Kali, Surabaya. Cak Durasim sebenarnya bukan merupakan sebuah taman, namun lebih ke pendopo dan gedung untuk berbagai pertunjukan budaya. Jadi bagi pemuda yang suka melestarikan budaya, disinilah tempat kumpulnya.

Duh, seumur-umur si penulis baru kesana sekali. Itupun diajak seorang teman untuk menemani nonton pertunjukan yang diselenggarakan Ko-J-Tsu, semacam perkumpulan pecinta Jepang Surabaya. Jadi acaranya ada tarian Jepang, cosplay, dan yang menonjol adalah band performance dengan Japanese style.

Foto Cak Durasim ndak usah aja ya? Bayangkan sebuah pendopo, terus belakangnya ada gedung teaternya gitu :p

Balai Pemuda Surabaya

Bangunan bersejarah ini terletak di Jl. Pemuda. Dulu sih di belakangnya ada bioskopnya, tapi sudah dihapus oleh pemerintah kota. Jadi setelah bioskop dihilangkan, Balai Pemuda tak seramai dulu (menurut penulis). Namun disini banyak juga diselenggarakan acara-acara budaya. Konser musik juga sering dilakukan disini. Soal sejarahnya, cari sendiri saja ya? hehe..

Ini foto Balai Pemuda Surabaya:

balai pemuda surabaya

Balai Pemuda Surabaya

Sumber foto: petra.ac.id

Pantai Kenjeran dan Taman Ria Kenjeran (KenPark)

Taman ini terletak di pinggir pantai Kenjeran. Hmm, pantai Kenjeran ini kotor sekali menurutku. Banyak tikusnya.. Jadi mending kalau kesana kalo pengen main futsal saja atau pas ada festival budaya atau konser.Perlu diketahui juga, kalau arek-arek Suroboyo jalan-jalan berdua ke Kenji Park ini, konotasinya bisa negatif. Tanya sama arek-arek Suroboyo ya alasannya? hehe…

Penulis kesana saat kepengen main futsal saja. Dulu sempat nonton Soundrenaline sekali, lumayan ramai dan mantep konsernya. Terus pernah juga diajak teman-teman melepas stress disana. Menanti munculnya mentari pagi, sambil meluapkan suasana hati yang suram waktu itu.. haha… Memang disana tempatnya sangat luas, jadi kalau kamu mau teriak sekeras-kerasnya di tepi pantai ndak masalah.. 😀

Suasana di Kenjeran

Suasana Klenteng di Kenjeran

Sunset atau sunrise?

Sunset atau sunrise hayo? :)

Yah, begitulah tempat-tempat nongkrong pemuda pemudi Surabaya yang saya tahu. Yang lain masih banyak lagi sih, hanya saja saya belum pernah kesana. Jadi belum bisa nulis reviunya.. Kalo mas ngganteng dan mbak cantik ada tambahan, monggo di share disini. Ndak usah sungkan-sungkan mau nulis komentar di Gubug Reyot ini.. 😉

{ 25 comments… read them below or add one }

Leave a Comment

*

{ 1 trackback }

Previous post:

Next post: